Faktor – factor yang Mempengaruhi Terwujudnya Smart City

Jumat, 07 November 2014
Banyak  faktor  yang  membuat  smart  city  ini  menjadi  sukses  di  beberapa negara berkembang, selain inisiatif yang membuat smart city ini berhasil faktor lain yaitu :

1.      Manajemen dan Organisasi
Suatu organisasi harus memiliki manajemen yang terstruktur agar organisasi  tersebut  berjalan  baik,  seimbang  dan  lancar.  Dalam  hal  ini  factor  organisasi  dan manajemem  merupakan  factor  yang  menentukan  kemajuan  terciptanya  smart  city, karena  manusia  yang  membuat  tujuan  dan  manusia  pula  yang  melakukan  proses untuk mencapai tujuan.
2.      Teknologi
Sebuah  smart  city  sangat  bergantung  pada  smart  computing.  Smart computing mengacu pada generasi baru hardware, software dan jaringan teknologi  yang menyediakan system IT yang real-time. Dengan analisis yang baik dan secara  mendalam  dapat  membantu  penduduk  membuat  keputusan  yang  lebih  pintar  yang  diiringi dengan tindakan yang dapat mengoptimalkan proses bisnis.
Teknologi informasi merupakan sebuah pendorong utama bagi inisiatif smart  city.  Proyek  pembangunan  smart  city  dengan  mengacu  pada  teknologi  informasi  dapat  mengubah  sejumlah  peluang  yang  potensial,  mereka  dapat  meningkatkan  manajemen  dan  fungsi  kota.  Namun,  meskipun  banyak  manfaat  dari  teknologi tersebut dampaknya masih belum terlihat jelas, karena terdapat kesenjangan social bagi penduduk yang tinggal di pedesaan yang belum mendapatkan fasilitas tersebut.
Maka  dari  itu  pemerintah  kota  harus  banyak  mempertimbangkan  faktor-faktor tertentu  ketika  mengimplementasikan  teknologi  informasi  yang  berkaitan  dengan sumber  daya,  kapasitas,  dan  hal-hal  yang  berkaitan  dengan  kesenjangan  social nantinya.

3.      Pemerintahan
Beberapa kota di Negara berkembang sudah memulai proyek pembangunan  smart city yang inisiatif. Proyek ini disebut inisiatif smart city untuk melayani warga dan  untuk  meningkatkan  kualitas  hidup  mereka.  Dengan  demikian,  beberapa  kota telah merasakan peningkatan kebutuhan pemerintahan untuk mengelola proyek. Dukungan  dari  pemerintah  juga  merupakan  salah  satu  factor  yang  penting untuk  kemajuan  smart  city.  Karena  tanpa  dukungan  pemerintah  impian  untuk mewujudkan smart city akan sulit untuk diwujudkan.

4.      Kebijakan
Perpindahan  dari  sebuah  kota  biasa  menjadi  smart  city   memerlukan interaksi komponen teknologi dengan politik dan kelembagaan. Komponen politik  mewakili  berbagai  elemen  dan  tekanan  eksternal,  seperti  kebijakan  politik  yang mungkin  mempengaruhi  ide  dari  pembuatan  smart  city.  Konteks  kebijakan  sangat penting  bagi  pemahaman  dari  penggunaan  system  informasi.  Pemerintah  yang inovatif yang ikut serta dalam membangun smart city menekankan perubahan dalam suatu kebijakan.

5.      Masyarakat
Masyarakat  merupakan  bagian  penting  dari  terciptanya  smart  city,  karena dengan demikian kebiasaan-kebiasaan yang dulu mulai ditinggalkan. Proyek  smart city berdampak pada kualitas hidup warga dengan tujuan menjadikan sebuah kota menjadi  lebih  efisien.  Masyarakat  juga  dituntut  untuk  ikut  berpartisipasi  dalam pengelolaan  dan  penyelenggaraan  kota,  serta  menjadi  pengguna  kota  yang  aktif. Masyarakat juga adalah factoryang paling menentukan keberhasilan atau kegagalan terciptanya smart city.
6.      Ekonomi
Faktor  ekonomi  merupakan  pendorong  utama  smart  city.  Sebuah  kota  dengan  daya  saing  ekonomi  yang  tinggi  dianggap  memiliki  salah  satu  sifat  smart city.  Faktor  ekonomi  termasuk  salah  satu  daya  saing  inovasi,  kewirausahaan,  dan produktivitas dari kota tersebut.
7.      Infrastruktur
Infrastruktur memegang peranan penting dalam membuat smart city. Karena smart  city  dibangun  berdasarkan  infrastruktur  ICT  seperti  wi-fi  dan  hotspot. Pembangunan  infrastuktur  ICT  merupakan  hal  yang  mendasar  dalam  melakukan pembangunan  smart  city.  Pembangunan  infrastruktur  tergantung  pada  beberapa factor yang terkait untuk kinerja dan ketersediannya.
8.      Lingkungan

Factor  lingkungan  dianggap  sebagai  factor  yang  mempengaruhi  kemajuan  smart city karena nantinya lingkungan sebuah kota menggunakan teknologi dalam menjalani kelangsungan hidup masyarakatnya

1 komentar:

{ kusnan } at: 16 September 2018 pukul 20.23 mengatakan...

makasih infonya,,..kalo kota kecil dapat ndak yaa..diubah menjadi smart city

Posting Komentar